Syafira, Dwi Arista (2019) Pelaksanaan Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP IT Al Fakhri Jalan Sei Mencirim Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI DWI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman pendidikan karakter disiplin dan tanggung dalam proses pembelajaran PAI di SMP IT Al-Fakhri sei mencirim. Fokus penelitian yang diajukan adalah Pelaksanaan Penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab melalui proses pembelajaran pai sehingga peserta didik memiliki karakter yang sesuai dengan pilar-pilar pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa/siswi, guru, kepala sekolah, bagian kesiswaan dan kurikulum beserta tenaga kependidikan. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumen. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penanaman pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran PAI di SMP IT Al-Fakhri sei mencirim ini adalah mulai terbentuknya karakter disiplin dan tanggung jawab karna sebelum dimulainya pembelajaran, siswa/siswi diberikan nasihat-nasihat dan adanya seperti tanggung jawab yang diberikan guru kepada siswa/siswi sehingga di dalam diri siswa/siswi terbentuk karakter disiplin dan tanggung jawab seperti yang tertulis dalam kurikulum sekolah dan RPP guru
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 20 Mar 2021 02:21 |
Last Modified: | 20 Mar 2021 02:21 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11150 |
Actions (login required)
View Item |