Kebijakan Sistem Zonasi Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (Efektifitas Permendikbud No 44 Tahun 2019 Di SMAN Padang Tualang Terhadap Wilayah Zonasi Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat Dalam Tinjauan Siyasah Syar’iyah)

Mu'inun, Rahmat (2020) Kebijakan Sistem Zonasi Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (Efektifitas Permendikbud No 44 Tahun 2019 Di SMAN Padang Tualang Terhadap Wilayah Zonasi Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat Dalam Tinjauan Siyasah Syar’iyah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi SH-converted.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sejak digantinya penerimaan peserta didik baru menggunakan sistem zonasi, di mana penerimaan tersebut dinilai berdasarkan zona radius terdekat dari sekolah, berdasarkan zona tersebut itu lah peserta didik baru dapat diterima di sekolah dalam naungan Pemerintah Daerah atau sekolah negeri. Sebelum diterapkan sistem zonasi, penerimaan peserta didik baru di sekolah naugan Pemerintah Daerah menggunakan sistem rangking berdasarkan prestasi. Prestasi ini lah yang penjadi penyebab utama terjadinya sekolah favorit, sebab sekolah tersebut diisi oleh siswasiswa berprestasi karena dilakukannya seleksi berdasarkan prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di SMAN 1 Padang tualang yang terletak di Jalan Tanjung Putus, Padang Tualang, Langkat. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan Cabang Dinas Pendidikan Stabat, SMAN 1 Padang Tualang dan masyarakat-masyarakat Batang Serangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisa sejauh mana aturan hukum yang ada berlaku secara efektif dan menggabungkannya dengan kenyataan yang berjalan di masyarakat. Penelitian ini juga menggunakan tinjauan siyasah syar‟iyyah sebagai alat analisis. Tinjauan siyasah syar‟iyah digunakan dalam penelitian ini karena penelitian ini membahas tentang sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Penelitian ini juga akan menganalisa tentang efektifitas sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah menggunakan teori efektifitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru belum efektif, sebab faktor sarana dan prasana yang belum memadai untuk diterapkannya kebijakan sistem zonasi. Berdasarkan tinjaun siyasah syar‟iyah kebijakan sistem zonasi belum sesuai dengan prinsip keadilan dalam hukum islam dan perinsip kemaslahatan dalam siyȃsah syar‟iyah

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 14:31
Last Modified: 19 Mar 2021 14:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11144

Actions (login required)

View Item View Item