Tinjauan Fiqih Siyasah Terhadap Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Permenkes No. 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Studi Kasus Puskesmas Sihepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal)

Asadah, Nur (2020) Tinjauan Fiqih Siyasah Terhadap Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Permenkes No. 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Studi Kasus Puskesmas Sihepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REVISI SKIRIPSI asadah(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membahas Kinerja pelayanan merupakan salah satu faktor yang penting dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan penduduk. Masih rendahnya kinerja pelayanan kesehatan dapat dilihat dari beberapa indikator seperti proporsi pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, proporsi bayi yang mendapatkan imunisasi campak, dan proporsi penemuan kasus (case detection rate) tuberculosis paru. Tujuan pelayanan kesehatan adalah tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang memuaskan harapan (consumer satisfaction), melalui pelayanan yang prima oleh pemberi pelayanan yang memuaskan ( provider satisfaction) dan institusi pelayanan yang diselenggarakan (institusional satisfaction. Dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik pada pasal 1 ayat (6) masyarakat adalah seluruh pihak, baik warga Negara maupun penduduk sebagai orang- perseorangan, kelompok maupun badan hukum yang berkedudukan sebagai penerima manfaat pelayanan publik, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ayat (7) “ standar pelayanan adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman peyelengaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah penelitian hukum empiris yang dengan kata lain adalah jenis penelitian hukum sosiologi dan dapat disebut pula dengan penelitian lapangan, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya di masyarakat. Dengan tekhnik pengumpulan data dengan melakukan observasi langsung ke lapangan dan melakukan wawancara kepada Kepala Puskesmas beserta para Pegawai Puskesmas Sihepeng dan dilengkapi dengan data primer yang diperoleh dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku yang bersangkutan pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas pelayanan kesehatan terhadap PERMENKES No. 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Sihepeng belum memenuhi standar pelayanan dikarenakan kekurangan Tenaga Medis dan alat prasarana lainnya. Oleh karena itu di perlukan adanya prasarana yang dapat mendukung kelancaran proses penyampaian pelayanan puskesmas sihepeng sehingga bisa menciptakan pelaksanan yang berkualitas, cepat dan mudah yang dapat mendorong pelaksanaan di wilayah Puskesmas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 14:01
Last Modified: 22 Jun 2021 06:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item