Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an pada Siswa Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara

Sartika, Anis (2020) Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an pada Siswa Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANISSARTIKA_0307161021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang Masalah ini adalah bahwa al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi umat manusia pada akhir zaman. Muhammad SAW menerimanya dengan perantara malaikat Jibril as. Kemudian beliau membaca dan mengajarkan kepada sahabat-sahabatnya untuk menjaga kemurnian al-Qur’an, maka dihafalkan oleh para sahabat. Di Yayasan Islamic Centre memiliki tiga program pendidikan, Lembaga pendidikan formal yang sederajat dengan tingkatan Tsanawiyah dan Aliyah dan program pendidikan Madrasah Hifzhil Qur’an (MHQ). Yang menjadi permasalahan di penelitian ini adalah: Bagaimana Metode siswa dalam menghafal al-Qur’an. Bagaimana Strategi guru dalam menerapkan metode pembelajaran menghafal al-Qur’an pada Siswa. Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program menghafal al-Qur’an pada siswa. Bagaimana cara guru mengevaluasi program pembelajaran Tahfizhil Qur’an pada siswa Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian diadakan di Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara tepatnya di Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (Observasi), wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa program yang digunakan ialah metode menghafal al-Qur’an yaitu: 1) Metode muroja’ah adalah suatu metode pengulangan hafalan yang diperdengarkan kepada salah satu Ustadzah. 2) Metodesetor adalah suatu aktifitas menghafal al-Qur’an yang hafalan baru harus disetorkan kepada Ustadzah. Kegiatan menghafal al-Qur’an ini wajib dilaksanakan oleh semuan siswa. Selanjutkan evaluasi pembelajaran yaitu dilakukan tiga bulan sekali. Dan target hafalan sudah terpenuhi, jangka satu tahun harus dihafalkan 5 juz, tiga tahun bearti 15 juz ditambah tiga tahun sebelum memasuki jenjang Aliyah yaitu Tsanawiyah 15 juz bearti 30 juz.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Mar 2021 08:34
Last Modified: 19 Mar 2021 08:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11129

Actions (login required)

View Item View Item