Izun, Tri Alfa (2021) Implementasi Budaya Sekolah Adiwiyata di MAN Asahan Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI TRI ALFA IZUN FITK MPI 2021.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Budaya sekolah Adiwiyata di MAN Asahan, (2) Implementasi budaya sekolah Adiwiyata di MAN Asahan, (3) Faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat implementasi budaya sekolah Adiwiyata di MAN Asahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini berasal dari MAN Asahan, yaitu kepala sekolah, koordinator tim adiwiyata, guru, petugas kebersihan dan siswa. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancaradan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, display data dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Sedangkan oengujian keabsahan data penelitian dilakukan credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability(reliabilitas), dan confirmability (obyektifitas). Hasil studi dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa budaya Adiwiyata yang dilakukan oleh pihak MAN Asahan yaitu dengan mengembangkan pendidikan lingkungan hidup, menjaga kebersihan kelas, gedung-gedung, taman, kolam dilingkungan MAN Asahan, budidaya tanaman, pengeolaan kompos dalam upaya pengendalian dan penanggulangan lingkungan hidup yang lebih baik. Sedangkan dalam implementasinya, penerapan budaya sekolah adiwiyata sendiri dilaksanakan setiap bulan dan setiap hari. Dalam suatu pengimplementasian tentunya tidak luput dengan adanya faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukungnya ialah Visi dan Misi yang mendukung, sarana dan prasana yang mendukung, setiap guru menerapkan kurikulum berbasis lingkungan. Adapun faktor penghambatnya ialah biaya yang terbatas, kurangnya koordinasi antara beberapa pihak terkait seperti kepada pemerintah, pedagang asongan, dan masyarakat sekitar. Dan juga belum terbentuknya sifat yang sadar akan lingkungan dan tanggung jawab. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tumpukan sampah didepan madrasah yang sampahnya bersumber dari dalam madrasah, pedagang asongan dan masyarakat sekitar.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Budaya Sekolah Adiwiyata, Madrasah Aliyah Negeri |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 07:51 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 07:51 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11113 |
Actions (login required)
View Item |