Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menegah (SAK EMKM) pada Usaha Dagang Dimas Swalayan T.A 2018

Safitri, Siti Ady Afni (2021) Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menegah (SAK EMKM) pada Usaha Dagang Dimas Swalayan T.A 2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
siti adyafni safitri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah banyak dipilih oleh sebagian masyarakat untuk keluar dari masalah sosial yang ada. UMKM seharusnya memiliki pencatatan laporan keuangan dimana laporan keuangan tersebut haruslah sesuai dengan Standar Akuntasni Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Mengah (SAK EMKM). Namun masih banyak UMKM yang tidak memiliki pencatatan laporan keuangan sesuai dengan standar seperti UMKM yang ada di Desa Marjanji. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi pencatatan dan penyusunan laporan keuangan pada Usaha Dagang Dimas Swalayan dan bagaiman penerapan yang dilakukan Usaha Dagang Dimas Swalayan. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Usaha Dagang Dimas Swalayan yang terletak di Dusun IV, Desa Marjanji, Kecamatan Sipis-pis, Kabupaten Serdang Bedagai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kondisi pencatatan laporan keuangan Usaha Dagang Dimas Swalayan masih sangat sederhana dan belum diterapkan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya Catatan Atas Laporan Keuangan, dan tidak mencatat Laporan Posisi Keuangan melainkan hanya catatan atas keluar masuknya kas saja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah , Dimas Swalayan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:38
Last Modified: 19 Mar 2021 06:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item View Item