Ashshiddiqi, Muhammad Hasbie (2020) Manajemen Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah Di Sumatera Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Promosi Manajemen Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara. Kemudian mendeskripsikan pengorganisasian sumber daya kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara. Selanjutnya untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara. Kemudian untuk mendeskripsikan pengawasan kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara. Terakhir Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara. Penelitian ini bersifat kualitatif. Proses penggalian data secara holistik baik dengan cara wawancara secara mendalam dengan serangkaian pertanyaan, observasi berupa pengamatan, serta pengumpulan dokumen dengan tujuan untuk mendapatkan data yang benar dan sahih. Ada 5 (lima) temuan yang menjadi hasil penelitian ini. Pertama: Perencanaan kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara dilaksanakan sebelum memasuki atau di awal tahun pelajaran baru dimulai. Adapun yang terlibat dalam perencanaan kurikulum adalah kepala madrasah, pengawas, komite, WKM I Bidang Kurikulum, guru-guru dan Yayasan. Kurikulum mengacu kepada kurikulum dari Kementrian Agama yang disosialisasikan kepada seluruh guru-guru. Kedua: Pengorganisasian sumber daya kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara adalah dari Kepala Madrasah ke WKM I, kemudian WKM I mengumpulkan guru-guru dan membuat rapat dengan guru perbidang studi (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sesuai dengan petunjuk arahan Kementrian Agama maupun Yayasan. Adapun yang paling berperan dalam pengorganisasian sumberdaya kurikulum adalah Kepala Madrasah dan WKM I bidang kurikulum. Ketiga: Pelaksanaan program kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara yaitu dengan mensosialisasikan kurikulum madrasah kepada guru-guru dalam bentuk rapat. Kemudian setelah itu semua guru membuat rancangan program pembelajaran (RPP). Kemudian, RPP diperiksa oleh WKM I bidang kurikulum kemudian MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH AL-ITTIHADIYAH DI SUMATERA UTARA MUHAMMAD HASBIE ASHSHIDDIQI ii disetujui dan ditandatangani kepala madrasah. Setelah itu diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Tahap selanjutnya yaitu supervisi kepala madrasah tentang kesesuaian proses KBM dengan kurikulum yang telah ditentukan. Setelah itu diakhir tahun pelajaran dilakukan evaluasi tentang pencapaian kurikulum. Keempat: Pengawasan kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara diawasi oleh pengawas madrasah dari Kementrian Agama, selain itu juga diawasi oleh Yayasan dan kepala madrasah. Selain itu juga komite madrasah juga ikut serta memantau proses pembelajaran supaya kurikulum dapat berjalan dengan baik. Kelima: Evaluasi kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah di Sumatera Utara dilakukan setelah selesai dibuat, diperiksa, diterapkan dan diawasi oleh Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Yayasan dan Pengawas setelah itu dilakukan evaluasi. Yang perlu diperhatikan dalam evaluasi kurikulum adalah kesesuaian kurikulum dengan rencana proses pembelajaran yang dibuat guru, serta kesesuaian RPP dengan pelaksanaan proses KBM. Adapun yang terlibat dalam proses evaluasi kurikulum ini adalah Kepala Madrasah, WKM I bidang kurikulum dan guru.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 06:14 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 06:14 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11081 |
Actions (login required)
View Item |