Implimentasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Proses Pembelajaran dan Pelayanan Akademik Di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi

Pardede, Ficki Padli (2021) Implimentasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Proses Pembelajaran dan Pelayanan Akademik Di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Terbuka Ficki Padli Pardede.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana implimentasi nilainilai pendidikan akhlak di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi. Ada empat masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini Pertama, bagaimana perencanaan dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam proses pembelajaran dan pelayanan akademik di STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, Kedua, bagaimana pelaksanaan dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan akhlak di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi. Ketiga bagaimana pengawasan dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan akhlak di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi, Keempat, bagaimana evaluasi dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan akhlak di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi. Kelima, bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik studi dokumentasi, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang diimplimentasikan di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi tercakup dalam nilai spiritual, nilai jujur dalam etika akademik dan nilai toleransi terhadap pluralism. Ketiga nilai tersebut merupakan nilai kontrol sosial dalam mengimplimentasikan nilai-nilai pendidikan akhlak. Perencanaan implimentasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam proses pembelajaran dilakukan dengan melakukan rapat pembelajaran yang dipimpin oleh Ketua STIT Al Hikmah Tebing Tinggi, wakil ketua I, ketua prodi dan dosen. Sedangkan dalam perencanaan dalam pelayanan akademik dengan ditetapkan suatu aturan baku tentang etika akademik. Pelaksanan implimentasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam proses pembelajaran dengan memperjelas arah pengimplimentasian penanaman nilainilai pendidikan akhlak mulia di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi dengan berbagai program-program yang nyata terutama dalam kurikulum. Sedangkan pengawasan dilakukan dengan membuat aturan yang telah dikonstruk terhadap hasil rapat dengan pengelola dan dosen di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka pengawasan yang dilakukan dalam mengimplementasikan nilainilai pendidikan akhlak dalam proses pembelajaran dan pelayanan akademik STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi dengan 1) Menetapkan pedoman etika akademik dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan akhlak. 2) Membangun rasa kekeluargaan melalui konseling akademik, 3) Keteladan dan pembiasaan. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan mengadakan rapat mingguan, bulanan dan semester. Rapat yang dilakukan membahas terhadap kendala-kendala yang dihadapi dan pengembangan teknik dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan akhlak. Evaluasi dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam proses pembelajaran dan pelayanan akademik STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi dilakukan dengan terlaksananya proses akademik dengan dilihat dari nilai akademik mahasiswa dan ketaatan mahasiswa terhadap peraturan akademik.Adapun faktor pendukung dalam hal ini adalah mengutamakan nilainilai pendidikan Islam yang kontemporer, kerja sama yang baik dengan seluruh civitas akademik STIT Al Hikamah Tebing Tinggi, sarana prasarana dan kesadaran diri para mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang begitu antusias tanpa paksaan dalam melaksanakan nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi, Terbangunnya rasa kekeluargaan seluruh civitas akademik STIT Al Hikmah Tebing Tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah mahasiswa dan dosen baru yang belum terbiasa dengan konsep yang diterapkan, terkadang mahasiwa baru melakukan tindakan kritis terutama ketika proses pembelajaran, masih belum terpenuhinya koleksi pustaka, masih belum ada pakar di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi sehingga harus mengundang dari luar

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:10
Last Modified: 19 Mar 2021 06:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11078

Actions (login required)

View Item View Item