Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Kantor Camat Semadam Kabupaten Aceh Tenggaran)

Pratama, Wirja Wahyu (2020) Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Kantor Camat Semadam Kabupaten Aceh Tenggaran). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIRJA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah yang ada di Kantor Camat Semadam Kabupaten Aceh Tenggara. Adapun permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu masih lemahnya Kantor Camat Semadam dalam menerapkan sistem akuntansi keuanganya, sehingga dapat mengacu berkurangnya kualitas laporan keuangan sehingga dapat mengakibatkan terjadinya keterlambatan dalam hal pelaporan. Atas permasalahan yang telah ditemui tersebut, penulis berupaya memperoleh informasi melalui wawancara langsung dengan pihak yang terkait seperti bagian kabid. keuangan kabupaten aceh tenggara dan bendahara umum Kantor Camat Semadam Kabupaten Aceh Tenggara dan ditambah dengan beberapa data untuk memperkuat hasil penelitian ini, seperti data Laporan Keuangan Kecamatan Semadam Tahun Anggaran 2019. Kemudian informasi serta data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode deskriptif, dimana metode tersebut sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki, dengan cara menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang, dan juga menjelaskan keadaan yang sebenarnya berdasarkan fakta-fakta yang tampak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Camat Semadam Kabupaten Aceh Tenggara masih belum optimal dalam menerapkan Sistem Akuntansi keuangan daerah disebabkan kualitas sumberdaya manusianya masih kurang dalam hal pengetahuan maupun tingkat pendidikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:29
Last Modified: 19 Mar 2021 03:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11061

Actions (login required)

View Item View Item