Efektivitas Putusan Pengadilan Agama Tentang Pemberian Nafkah Anak (Studi Kasus Di Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan)

Manurung, Patimah Nur (2021) Efektivitas Putusan Pengadilan Agama Tentang Pemberian Nafkah Anak (Studi Kasus Di Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS PATIMAH NUR MANURUNG (HUKI)-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai pokok bahasan yang dirumuskan dalam tiga rumusan masalah, yakni; 1) Bagaimana ketentuan perundang-undangan terhadap putusan Pengadilan Agama yang sudah berkekuatan hukum tetap. 2) Bagaimana putusan Pengadilan Agama tentang tanggung jawab pemberian nafkah anak yang sudah berkekuatan hukum tetap dijalankan di Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan. 3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dijalankannya putusan Pengadilan Agama tentang tanggung jawab pemberian nafkah anak di Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum empiris (sosio-legal), yaitu penelitian yang menjadikan tindakan hukum sebuah masyarakat sebagai objek penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis-normatif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan para informan yang ditentukan melalui teknik purvosiv sampling di antaranya meliputi; para pihak yang berperkara (penggugat dan tergugat nafkah anak) dan hakim Pengadilan Agama Kisaran. Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur yang meliputi bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan, bahan hukum sekunder berupa buku, jurnal dan tesis, dan bahan hukum tersier berupa ensiklopedi dan kamus. Hasil penelitian ini berdasarkan dari data-data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa dari 15 jumlah perkara gugatan nafkah anak yang telah diputus oleh Pengadilan Agama untuk wilayah Kecamatan Buntu Pane, 2 perkara atau sekitar 13% di antaranya dijalankan dengan sebagaimana mestinya, dan 13 perkara atau sekitar 87% lainnya tidak dijalankan dengan sebagaimana mestinya. Realita ini jika dihubungkan pada teori efektivitas hukum yang dikemukan oleh Soerjono Soekanto, bahwa untuk mengukur tingkat keefektifan sebuah produk hukum dilihat dari sejauh mana aturan hukum itu ditaati atau tidak ditaati oleh sebuah masyarakat, maka hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa implementasi putusan Pengadilan Agama tentang tanggung jawab pemberian nafkah anak di Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan tidak berjalan efektif. Sebagai faktor penghambatnya adalah perekonomian lemah, kurangnya kesadaran hukum tergugat dan tidak adanya konsekuensi hukum yang tegas.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.6 Hukum Peradilan/qodo’
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:05
Last Modified: 19 Mar 2021 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item