Ikhsan, Ramadhana (2020) Manajemen Masjid Raya Dalam Pengembangan Dakwah Islam Di Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi dana lengkap-56.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: proses manajemen masjid, pengembangan dakwah Islam, hambatan dan solusi yang dihadapi Badan Kenaziran Masjid Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah Sumber data primer yaitu ketua Badan Kenaziran Masjid bapak H. Muhidi Rokan, sekretaris Badan Kenaziran Masjid bapak Ahmad Yunan Nst, bendahara Badan Kenaziran Masjid bapak H. Mahidin Kamal. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dari buku, jurnal, data-data dokumen Masjid dan data laporan kegiatan Masjid Raya Pangkalan Berandan. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, instrumen data, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dengan memfokuskan pada hal-hal yang terpenting, untuk mempermudah penelitian. Kemudian data display yaitu mengelompokkan data yang tersaji sedemikian rupa dan disusun secara sistematis, dan terakhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen Masjid Raya Pangkalan Berandan berdasarkan fungsi manajemen yaitu: Perencanaan disusun Badan Kenaziran Masjid dan jamaah dalam bentuk kegiatan dakwah yang akan dilakukan selama setahun kedepan, melalui musyawarah direncanakan hal-hal yang menjadi fokus kegiatan dakwah Islam di Masjid Raya Pangkalan Berandan. Pengorganisasian memudahkan pendistribusian anggota dalam memegang tugas, tanggung jawab. Pelaksanaan kegiatan dakwah Islam di Masjid Raya Pangkalan Berandan berjalan rutin dan baik. Sedangkan pengembangan dakwah Islam yaitu berbentuk pengajian yang dikelola BKM seperti, pengajian rutin seminggu dua kali pada malam Senin dan malam Kamis, pengajian remaja masjid sebulan sekali, pengajian majelis taklim setiap habis shubuh, dan pengajian pada bulan Ramadhan. Adapun hambatan dan solusi yang dihadapi BKM yaitu: Pertama, minimnya pengetahuan pengurus masjid tentang ilmu manajemen dan sebagai solusi maka BKM perlu untuk mengadakan pelatihan kepada pengurus dan jamaah. Kedua, kesibukan pengurus yang bekerja sebagai solusi yaitu BKM mengingkatkan untuk selalu meluangkan waktunya demi kemakmuran masjid. Ketiga, sebahagian pengurus masih ada yang tidak aktif sebagai solusi BKM memberikan penekanan dan pengarah serta pemecatatan kepada pengurus yang tidak mengindahkan teguran. Keempat, terjadi perbedaan pendapat di kalangan pengurus dan jamaah sehingga terjadi perpecahan dan yang menjadi solusinya yaitu bermusyawarah membahas pokok permasalahan secara kekeluargaan sehingga perdebatan bisa teratasi dengan damai.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 03:00 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 03:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11050 |
Actions (login required)
View Item |