Model Pengembangan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran hadits di Pondok Pesantren Modern Nurul Hakim di Jl.Moh Yakub Lubis Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Rangkuti, Rico Syahputra (2020) Model Pengembangan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran hadits di Pondok Pesantren Modern Nurul Hakim di Jl.Moh Yakub Lubis Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rico selesai Terbaru.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan kecerdasan spiritual yang dilaksanakan oleh guru Mts dalam pembelajaran Hadits di pesantren modern Nurul Hakim di Jl.Moh.Yakub Lubis Tembung. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis, Data penelitian ini berupa hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya berasal dari guru mata pelajaran Hadits sebagai informan kunci. Sedangkan informan pendukungnya adalah santri, kepala sekolah Mts,dan kepala pengasuhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancaran, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Miles,Huberman dengan mengikuti tiga langkah yakni data condensation,data display dan verification.Untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber,metode dan peneliti. Hasilnya menunjukkan bahwa (1)Kecerdasan spiritual dikembangkan melalui persiapan pembelajaran, pembelajaran di kelas, dan pembelajaran di laur kelas. (2) Dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri dalam pembelajaran di dalam kelas di pesantren modern Nurul Hakim menggunakan Model pengembangan pembelajaran yang terdiri dari Mempersiapkan Bahan ajar, Pembukaan pembelajaran dengan berdoa, Penyajian materi dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, latihan dan penugasan. Serta mengevaluasi pembelajaran dengan memberikan penugasan dan menutup pembelajaran dengan salam, Adapun nilai-nilai Spiritual yang tumbuh dari pembelajaran di dalam kelas tersebut adalah pembiasan, disiplin, menghormati guru, bekerja sama/musyawarah dan percaya diri. (3) Adapun mengembangkan kecerdasan spiritual santri dalam pembelajaran diluar kelas di pesantren modern Nurul Hakim menggunakan Model pengembangan pembelajaran diluar kelas terdiri dari Halaqoh,Muhadasah (Latihan berbahasa Arab dan Inggris), Hafalan, Pidato, Ceramah, Pengembangan Minat dan Bakat, Sehingga tumbuh nilai-nilai Spiritual dari pembelajaran diluar kelas adalah Pembiasan,disiplin,istiqomah, jujur, mandiri, percaya diri, kreatif dan bersemangat dalam beribadah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Pembelajaran, Hadits
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Mar 2021 05:13
Last Modified: 16 Mar 2021 05:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item