Hukum Penggunaan Meteran Yang Tidak Berstandard Pada Mesin Pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamini Perspektif Yusuf Al-Qardhawi (Studi Kasus di Kelurahan Urung Kompas, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu)

Starina, Juana (2020) Hukum Penggunaan Meteran Yang Tidak Berstandard Pada Mesin Pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamini Perspektif Yusuf Al-Qardhawi (Studi Kasus di Kelurahan Urung Kompas, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUANA STARINA NIM 24143049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek penggunaan meteran yang tidak berstandard pada mesin pengisian BBM Pertamini yang terjadi di Kelurahan Urung Kompas Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu dalam pandangan perspektif Yusuf Al-Qardhawi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan subyek penelitian penulis yaitu penjual dan konsumen BBM Pertamini di Kelurahan Urung Kompas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah Observasi, Interview, dan Dokumentasi Study. Hasil penelitian tersebut diketahui bahwa praktek penggunaan meteran yang tidak berstandard pada mesin pengisian BBM di Kelurahan Urung Kompas sesuai perspektif Yusuf AlQardhawi adalah haram karena telah menyebabkan kurangnya takaran yang keluar dari nozzle dan tidak sesuai standard, maka disarankan: Masyarakat khususnya penjual BBM Petamini di Kelurahan Urung Kompas Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu harus memenuhi takaran dan timbangan pada volume BBM, dengan kata lain tidak mengurangi dengan cara melakukan kecurangan apapun karena hal ini termasuk memakan harta dengan cara batil yang dapat menimbulkan permasalahan sesama muslim.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:37
Last Modified: 15 Mar 2021 03:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item View Item