Pengaruh Integrasi Pembelajaran Matematika Dengan Al-Qur’an Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren Darul Qur’an Deli Serdang T.P 2020/2021.

Nasution, Sa’yu Ahyana (2020) Pengaruh Integrasi Pembelajaran Matematika Dengan Al-Qur’an Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren Darul Qur’an Deli Serdang T.P 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SA’YU AHYANA NASUTION.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi matematika dengan Al-Qur’an terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII Mts Swasta Pondok Pesantren Darul Qur’an Deli Serdang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 432 siswa dan sampelnya sebamyak 28 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Analisis yang digunakan adalah uji T, dengan uji prasyarat berupa uji normalitas diperoleh hasil berdistribusi normal dan uji homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel bersifat homogen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada motivasi dan hasil belajar siswa yang diajar dengan integrasi pembelajaran matematika dengan Al-Qur’an, pada motivasi belajar siswa, diketahui thitung (2,044)>ttabel(2,006), kemudian pada hasil belajar siswa, diketahui thitung (2,485)>ttabel(2,006), maka variabel bebas atau integrasi pembelajaran matematika dengan Al-Qur’an (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat atau motivasi belajar siswa (Y1) dan hasil belajar siswa (Y2).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan integrasi matematika dengan Al-Qur’an, Motivasi belajar, Hasil belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 12 Mar 2021 09:09
Last Modified: 12 Mar 2021 09:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item View Item