Inventarisasi Tumbuhan Parasit di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi Sumatera Utara

Azizah, Nur (2020) Inventarisasi Tumbuhan Parasit di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR AZIZAH FIKS JILID OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan parasit biasa di anggap merugikan, dalam ekosistem hutan, tumbuhan parasit merupakan penyeimbang ekosistem dan memungkinkan mempunyai manfaat terhadap masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan karakteristik inang tumbuhan parasit di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh yang dilakukan pada bulan Oktober-Desember 2019 dengan menggunakan metode eksplorasi atau metode jelajah dengan teknik pengambilan data deskripsi kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan 7 spesies tumbuhan parasit yang tergolong ke dalam 5 famili yaitu 2 spesies dari famili Balanophoraceae yaitu, (Balanophora papuana Schltr. dan Rhopalocnemis palloides Jungh.), 2 spesies dari famili Loranthaceae, yaitu (Macrosolen avenis Danser dan Scurrula sp.) 1 spesies famili Santalaceae yaitu (Dendromyza reinwardtiana (Blume ex Korth.) Danser), 1 spesies dari famili Rafflesiaceae, yaitu (Rafflesia meijeri Wiriad. & Sari), dan 1 spesies dari famili Orchidaceae yaitu (Gastrodia sp.). Berdasarkan karakteristik pada inangnya, famili Loranthaceae dan Santalaceae merupakan parasit pada pohon, Balanophoraceae dan Rafflesiaceae merupakan parasit pada akar dan famili Orchidaceae dengan spesies Gastrodia sp. parasit pada jamur.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan Parasit, Inang, Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Botanical sciences > 581 Botany
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 12 Mar 2021 08:47
Last Modified: 12 Mar 2021 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10991

Actions (login required)

View Item View Item