Proses Pembiayaan Fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Akad Murabahah di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Medan

Syavira, Cut Diah (2019) Proses Pembiayaan Fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Akad Murabahah di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Medan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CUT DIAH SYAVIRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjawab permasalahan bagaimana proses pembiayaan fasilitas Kredit Usaha Rakyat dengan Akad Murabahah dan bagaimana Pembiayaan Fasilitas Kredit Usaha Rakyat untuk Modal Kerja dan Investasi pada PT.Bank Rakyat Indonesia Cabang Medan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian lapangan. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara wawancara langsung kepada pegawai Bank yang bertugas sebagai Account Officer Micro dan dokumentasi. Proses pembiayaan kredit usaha rakyat dengan akad murabahah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Medan dapat dilakukan dengan melalui beberapa tahap-tahap pelaksanaan pembiayaan, meliputi : Survey lapangan untuk mencari nasabah, pengajuan permohonan nasabah, investigasi nasabah, memberikan keputusan atas pembiayaan nasabah kemudian pencairan pembiayaan untuk nasabah. Adapun kendala-kendala yang sering dihadapi dalam pembiayaan KUR dengan akad murabahah adalah usaha nasabah yang mengalami kebangkrutan hingga menyebabkan tidak mampunya nasabah untuk membayar tagihan. Adapun penyelesaian gagal bayar nasabah yakni musyawarah antara pihak Bank dan nasabah. Konsekuensi gagal bayar mengharuskan agunan yang dijaminkan oleh nasabah akan di lelang/jual untuk melunasi pembiayaan yang diberikan Bank.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah D3 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:59
Last Modified: 09 Mar 2021 08:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10958

Actions (login required)

View Item View Item