Fenomena Fashion Syar’I Sebagai Trend Budaya Menurut Aqidah Islam (Studi Analisa: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan)

Nurmi, Nurmi (2020) Fenomena Fashion Syar’I Sebagai Trend Budaya Menurut Aqidah Islam (Studi Analisa: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURMI.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini penulis mengkaji tentang bagaimana pandangan aqidah Islam terhadap fenomena fashion syar’I sebagai trend budaya menurut Aqidah Islam. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaima makna dari fashionsyar’i, Bagaimana pemahaman fashionsyar’i dari segi Islam, Bagaimana konsep fasionsyar’i dalam konsep Aqidah, Bagaimana tanggapan Mahasiswa Unimed terutama fakultas bahasa dan seni melihat trend fashion syar’I, dan Bagaimana fashion syar’i di masa postmodren ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu melakukan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi atau pengamatan serta dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan bertatap muka menggunakan pertanyaan yang sifatnya terbuka.Adapun hasil dari penelitian ini Pertama, Aspek fashion dalam kacamata dunia mencakup modis, menarik, sopan dan lain sebagainya. Berbeda dengan pandangan tersebut, al-Qur‟an memiliki criteria tersendiri dalam memaknai aspek kesopanan dalam fashion. Dari beberapa pendapat mufassir, dapat disimpulkan menjadi beberapa aspek ber-fashion sehingga dapat dijadikan rujukan bagi kaum wanita. Kedua, Konsep fahion yang mendatangkan kemaslahatan dan kemafsadatan, nampak jelas jika dikonsultasikan dengan hukum Islam dengan menggunakan parometer diantaranya: aurat, etika hukum dan tujuan Hukum Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:33
Last Modified: 09 Mar 2021 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item