Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Cicil Emas Pada Akad Murabahah Studi Kasus Di BSM KCP Kampung Pajak Labuhan Batu Utara

Sitorus, Nurul Ishlah (2020) Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Cicil Emas Pada Akad Murabahah Studi Kasus Di BSM KCP Kampung Pajak Labuhan Batu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi islah fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui apakah promosi, lokasi dan reputasi berpengaruh terhadap minat cicil emas. Pada masa sekarang, jenis investasi ini semakin dilirik oleh masyarakat umum terlebih dalam bentuk emas batangan maupun koin emas, ada beberapa cara yang dapat dipilih oleh masyarakat untuk dapat memiliki investasi berbentuk emas batangan tanpa membeli secara kontan, Salah satunya dengan membeli emas dengan system mencicil. Dengan mengacu pada pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat, dimana setiap lapisan masyarakat banyak melakukan investasi disegala bidang. Bank Syariah Mandiri membaca peluang tersebut dengan menghadirkan Produk Cicil Emas di Bank Syariah Mandiri. BSM Cicil Emas adalah fasilitas yang disediakan oleh Bank Syariah Mandiri untuk membantu nasabah untuk membiayai pembelian/kepemilikan emas berupa lantakan (batangan) dengan Cara Mudah Punya Emas dan Menguntungkan. Namun ada beberapa variabel yang mempengaruhi minat nasabah untuk mencicil emas di BSM KCP Kampung Pajak Labuhan Batu Utara yaitu variable promosi, lokasi dan reputasi. Manakah yang paling berpengaruh terhadap minat cicil emas di bank tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah yang mencicil emas di BSM KCP Kampung Pajak Labuhan Batu Utara.Dengan menggunakan rumus Slovin, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dengan metode SPSS24. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa variable promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat cicil emas. Dilihat dari t-hitung 5,341 > t-tabel 1,986 dengan signifikan 0,000 < 0,05, variable lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat cicil emas dilihat dari t-hitung 3,975 > t-tabel 1,986 dengan signifikan 0,000 < 0,05 dan variable reputasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat cicil emas dilihat dari t-hitung 3,507 > t-tabel 1,986 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Kemudian melalui uji secara simultan dapat disimpulkan bahwa variable promosi, lokasi dan reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat cicil emas dilihat dari(fhitung) 40,875 > (f-tabel) 2,700 dengan nilai signifikan 0,000.Namun pada uji regresi linier berganda dapat dilihat bahwa variable promosi memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat cicil emas di BSM KCP Kampung Pajak Labuhan Batu Utara sebesar 0,332.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Feb 2021 16:52
Last Modified: 24 Feb 2021 16:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

View Item View Item