Pengaruh Word Of Mouth, Brand Awareness Dan Media Communication Terhadap Minat Menggunakan Produk BTN Batara IB (Studi Kasus BTN Syariah KC Medan)

Harahap, Sri Rahmadani (2021) Pengaruh Word Of Mouth, Brand Awareness Dan Media Communication Terhadap Minat Menggunakan Produk BTN Batara IB (Studi Kasus BTN Syariah KC Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SRI RAHMADANI HARAHAP (0503163278).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis saat ini menjadi sangat ketat. Hal tersebut disebabkan munculnya lembaga-lembaga keuangan. Kondisi tersebut menuntut perusahaan untuk selalu melakukan inovasi agar mempertahankan keunggulan produknya dibanding perusahaan lain. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh word of mouth, brand awareness dan media communication terhadap minat nasabah menggunakan produk BTN Batara iB oleh calon nasabah BTN Syariah kantor cabang Medan. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuisoner dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan alat bantu SPSS. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada masyarakat di jalan Juanda sampai ke Halat. Jumlah populasi sebanyak 1.664.814 orang dan Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi yaitu uji validitas, reliabilitas, statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari koefisien determint (R2 ), uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial word of mouth berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat menggunakan produk tabungan dengan nilai thitung 2,946 > ttabel 1,66088 dan nilai signifikansi 0,004. Secara parsial brand awareness berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat menggunakan produk tabungan dengan nilai thitung 2,398 > ttabel 1,66088 dan nilai signifikansi 0,002. secara parsial media communication berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat menggunakan produk tabungan dengan nilai thitung 4,218 > ttabel 1,66088 dan nilai signifikansi 0,000 . Serta secara simultan word of mouth, brand awareness dan media communication berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat menggunakan produk tabungan dengan nilai Fhitung sebesar 24,045 >Ftabel 2,70 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,629 atau 62,9% sedangkan sisanya 37,1 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak berada dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:34
Last Modified: 24 Feb 2021 07:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10876

Actions (login required)

View Item View Item