Probelematika Masyarakat Desa Liang Asona Terhadap Pencatatan Pernikahan Di Kantor Urusan Agama (KUA) Ditinjau Dari Kompilasi Hukum Islam (HKI) (Studi Kasus Desa Liang Asona Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara)

Dasopang, Bangun (2020) Probelematika Masyarakat Desa Liang Asona Terhadap Pencatatan Pernikahan Di Kantor Urusan Agama (KUA) Ditinjau Dari Kompilasi Hukum Islam (HKI) (Studi Kasus Desa Liang Asona Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bangun Dasopang_2 (1).pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Bahwa problematika masyarakat tidak mencatatkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama (KUA) adalah karna (1) Jarak Desa Liang Asona ke Kantor Urusan Agama (KUA) yang cukup jauh sehingga menyebabkan pelaku malas untuk mendaftarkannya. (2) Infrastruktur jalan dari desa (sebaliknya) ke Kantor Urusan Agama (KUA) yang tidak mendukung. (3) Keberadaan alat transportasi (angkutan umum/angkutan pribadi) yang tidak mendukung. (4) Kurangnya pendidikan (pemahaman) pelaku tentang pencatatan pernikahan. (5) Beberapa diantara pelaku nikah tersebut belum cukup umur untuk menikah sesuai ketentuan Undang-undang. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian lapangan dan wawancara terhadap pelaku nikah yang tidak mendaftarkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama (KUA), hatobangon (malim kampung), pihak KUA Kecamatan Padang Bolak, dan juga data sekunder yaitu semua referensi pendukung seperti al-Qur’an, al-Hadis, dan buku-buku fikih yang berkaitan. Dengan tidak dilakukannya kewajiban pencatatan perkawinan, maka perkawinan yang telah dilaksanakan menurut tata cara Hukum Islam tersebut menjadi tidak mempunyai kekuatan hukum atau tidak sah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:04
Last Modified: 24 Feb 2021 06:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10875

Actions (login required)

View Item View Item