Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Pelatihan Kader Dasar Pada Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Pengurus Cabang Kota Medan

Hasibuan, Nurmala Sar (2020) Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Pelatihan Kader Dasar Pada Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Pengurus Cabang Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Nurmala sari hsb 123456789.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Pelatihan Kader Dasar Pada Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Pengurus Cabang Kota Medan. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Fungsi Manajemen yang dilaksanakan pada pelatihan kader Dasar dalam Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia oleh Pengurus Cabang Kota Medan. Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, adalah organisasi non profit yang memiliki teori manajemen terapan. Dimana penyusun akan mengungkap terkait penerapan fungsi manajemen dalam pelaksanaan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di PMII Cabang Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Saudara Joni Sandri Ritonga S.H sebagai ketua umum PMII PC Kota Medan, Saudara Fata Hartama Nasution sebagai Sekretaris Umum PMII PC Kota Medan, Rahmat Ritonga S.Sos Sebagai Bendahara Umum PMII PC Kota Medan, M. Ilyas Sipahutar S.Pd sebagai Ketua Bidang Pengkaderan PMII PC Kota Medan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis, untuk kemudian ditarik kesimpulan dengan cara induktif. Hasil dari data yang telah penulis dapatkan, dan kemudian di olah, bahwa penerapan fungsi manajemen dalam Pelatihan Kader Dasar (PKD) di PMII menggunakan teorinya George R.Terry, yaitu: Perencanaan (planning), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuating), Pengawasan (Controlling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap kegiatan yang akan dilakukan harus menerapkan fungsi manajemen apabila kegiatan tersebut ingin menghasilkan kader yang berkualitas dan juga memiliki kuantitas dan agar acara pelatihan kader dasar tersebut berjalan dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2021 15:46
Last Modified: 22 Feb 2021 15:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item