Penentuan Rute Terpendek Pendistribusian Produk Kue Dengan Menggunakan Algoritma Dynamic Programming Pada Pabrik Kue Ima Brownies

Sari, Nurma Indah (2020) Penentuan Rute Terpendek Pendistribusian Produk Kue Dengan Menggunakan Algoritma Dynamic Programming Pada Pabrik Kue Ima Brownies. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi nurma indah sari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencarian Rute Terpendek termasuk kedalam persoalan yang sangat terkenal dalam teori graf. Penggunaannya sangat banyak dalam kehidupan seharihari, salah satunya adalah mengenai pencarian rute terpendek dalam pendistribusian produk kue. Oleh karena itu, penulis akan membahas penelitian tentang menentukan rute pendistribusian produk kue yang paling minimum yang harus dilalui dari beberapa rute yang ada. Untuk mencari bobot minimum tersebut digunakan algoritma Dynamic Programming. Dynamic Programming adalah suatu teknik matematis yang kegunaannya ialah mengambil satu keputusan dari beberapa keputusan yang berhubungan dengan pencarian solusi optimum. Dynamic Programming mempunyai sistem prosedur untuk menentukan beberapa keputusan yang optimal. Jika dikaitkan pada masalah pendistribusian produk tersebut bahwa setiap keputusan yang diambil pastinya akan berpengaruh kepada keputusan selanjutnya atau keputusan yang diambil sekarang merupakan keputusan yang mempertimbangkan keputusan sebelumnya. Dengan begitu akan memperoleh rangkaian kebijakan optimal. Dengan menggunakan Dynamic Programming tersebut dapat diselesaikan masalah penentuan rute terpendek pendistribusian produk kue pada Pabrik Kue Ima Brownies dengan rute terpendek yaitu sebesar 25,8 km dan efisiensi jarak yang didapatkan dari hasil pengolahan data dengan menggunakan Dynamic Programming adalah sebesar 4,1% dari jarak sebelumnya yang ditempuh driver.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2021 15:41
Last Modified: 22 Feb 2021 15:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item View Item