Pengelolaan Zakat Di Indonesia Dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Perspektif Maqasid Asy-Syari'ah Imam-Syatibi (W. 790 H/1388 M)

Akbar, Ali (2021) Pengelolaan Zakat Di Indonesia Dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Perspektif Maqasid Asy-Syari'ah Imam-Syatibi (W. 790 H/1388 M). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover Disertasi terbuka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah utama kajian ini adalah bagaimana pengelolaan zakat di Indonesia Dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 Perspektif Maqasid asy- Syari’ah Imam asy-Syatibi yang dirinci pada rumusan masalah sebagai berikut:1) Bagaimana perencanaan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat dalam UndangUndang Nomor 23 Tahun 2011 Perspektif Maqasid asy-Syari’ah Imam asy-Syatibi 2) Bagaimana pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Perspektif Maqasid Syari’ah Imam asy-Syatibi 3) Bagaimana pengelolaan zakat dalam UndangUndang Nomor 23 Tahun 2011 di Sumatera Utara Perspektif Maqasid Syari’ah Imam asy-Syatibi. Metode yang digunakan adalah metode kajian hukum secara normatif (normative law research) melalui studi kepustakaan (library research) dengan meneliti isi (content analysis) terhadap bahan-bahan terkait materi. Sumber data yaitu materi hukum primer, sekunder dan tersier. Pengumpulan data hukum dengan mencatat (inventarisasi) dan merincikan (identifikasi) undang-undang tentang zakat, kemudian memilah-milah (klasifikasi) dan menyusun (sistematisasi) data hukum sesuai dengan yang diperlukan. data terkumpul kemudian dibaca, dipahami, ditela’ah, dicatat dan dianalisis dengan mengurai dengan menggunakan pemahaman atas teori –teori yang telah dibahas dan mengaitkan kembali materi-materi hukum yang tersedia tentang pengelolaan zakat. Analisis data penelitian hukum normatif dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 1) Perencanaan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat dalam UndangUndang Nomor 23 Tahun 2011 belum sesuai Perspektif Maqasid asy-Syari’ah Imam asy-Syatibi 2) Pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 belum sesuai dengan Perspektif Maqasid Syari’ah Imam asy-Syatibi 3) Pengelolaan zakat dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 di Sumatera Utara Perspektif Maqasid Syari’ah Imam asy-Syatibi, belum sesuai dengan Maqasid asySyari’ah.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:36
Last Modified: 22 Feb 2021 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10857

Actions (login required)

View Item View Item