Peran Penyuluh Agama Dalam Membina Masyarakat Muslim dikawasan Minoritas Di Desa Bakaran Batu Di Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai

Trihandayani, Alicia (2020) Peran Penyuluh Agama Dalam Membina Masyarakat Muslim dikawasan Minoritas Di Desa Bakaran Batu Di Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Alicia Trihandayani selesai.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Penyuluh Agama dalam Membina Masyarakat Muslim dikawasan minoritas di Desa Bakaran Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan teknik observasi non partisipan, pengamatan ini dilakukan tanpa terjun langsung kelapangan dan mendapatkan segala data berasal dari narasumber atau pihak penyuluh agama yang terkait dengan penelitian. Melakukan wawancara dengan para penyuluh agama di Desa Bakaran Batu. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang berkaitan dengan Peran Penyuluh Agama Dalam Membina Masyarakat Muslim dikawasan Minoritas Di Desa Bakaran Batu Di Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai yaitu berupa kegiatan yang dilakukan penyuluh ialah kegiatan perwiritan yasin, kegiatan program berantas buta aksara Alquran anak dan orangtua, kegiatan PHBI, dan kegiatan khusus keluarga yang bekerja sama dengan dinas sosial. Adapun hambatan yang dihadapi penyuluh ialah taraf pendidikan masyarakat yang rendah, penyesuaian waktu, dan jarak. Adapun hasil yang dicapai penyuluh agama yaitu, hubungan antar masyarakat semakin solid dibuktikan dengan masyarakat lebih aktif mengadakan acara-acara besar Islam dengan kerja sama yang baik sehingga rasa persaudaraan semakin erat dan memiliki kesadaran untuk menjaga hubungan antar kesesama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Penyuluh Agama, Membina Masyarakat, Masyarakat Minoritas.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.21 Fungsionaris Da’wah, Wali, Ulama, Kiai, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Feb 2021 04:49
Last Modified: 19 Feb 2021 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item View Item