Pendidikan Islam Berbasis Inklusif Multikultural: Upaya Antisipatif Menangkal Radikalisme

Farabi, Mohammad Al (2019) Pendidikan Islam Berbasis Inklusif Multikultural: Upaya Antisipatif Menangkal Radikalisme. In: The Dynamic Of Islamic Education In South East Asia. Perdana Publishing, pp. 61-78. ISBN 978-623-7160-00-0

[img] Text
MOHAMMAD AL-FARABI PROSIDING 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maraknya berbagai aksi terorisme maupun radikalisme atas nama agama, khususnya di Indonesia, perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah dan penyelenggara pendidikan Islam untuk segera berbenah diri dalam memperbaiki praktik pembelajaran, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Praktik pendidikan Islam selama ini cenderung membentuk karakter keberagamaan yang bercorak eksklusivistik, sehingga indoktrinisasi kebenaran ajaran agama lebih menonjol daripada semangat menghargai perbedaan etnis, budaya, dan agama. Kondisi demikian secara langsung maupun tidak langsung ditengarai sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tumbuhkembangnya radikalisme di tanah air. Artikel ini akan mengedepankan pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai keberagamaan berbasis inklusif-multikultural dalam dunia pendidikan Islam guna menangkal tumbuh dan berkembangnya radikalisme di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Melalui penggunaan metode penelitian perpustakaan (library research), artikel ini menghimpun berbagai gagasan, fakta, hasil penelitian dan pendapat dari para ahli disertai analisis yang terkait, sehingga terlihat betapa pentingnya upaya melakukan reorientasi pendidikan Islam yang selama ini cenderung berbasis ekslusifmonolitis ke arah penguatan berbasis inklusif-multikultural

Jenis Item: Bagian dari buku
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Konferensi / Workshop (Conference and/or Workshop)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Feb 2021 07:11
Last Modified: 27 Nov 2023 05:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item View Item