Tinjauan Hukum Mengambil Manfaat Di Atas Tanah Wakaf Menurut Mazhab Syafi’i (Studi Kasus Di Masjid Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan)

Nasution, Dharma Mulia Wijaya (2020) Tinjauan Hukum Mengambil Manfaat Di Atas Tanah Wakaf Menurut Mazhab Syafi’i (Studi Kasus Di Masjid Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI DARMA 3-dikonversi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah dimana terjadinya parkir liar dilingkungan masjid yang berstatus tanah wakaf serta si pemungut parkir tidak meinta izin kepada nazir masjid ataupun pihak BKM masjid yang penulis teliti, penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah wawancara dan data yang didapat dari pihak BKM masjid serta jamaah yang merasa terganggu akibat parkir liar di sekitar masjid kecamatan Medan Sunggal. Kesimpulan dari skripsi ini Tinjauan Hukum Mengambil Manfaat di atas Tanah Wakaf menurut Mazhab Syafi’i (Studi Kasus di Masjid Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan). Berdasarkan latar belakang masalah hukum mengambil manfaat di atas tanah wakaf menurut mazhab syafi’i berpandangan kaitannya dengan pungutan parkir liar di lingkungan masjid yang berstatus tanah wakaf yakni : Aturan mengenai pengambilan keuntungan (Upah) di atas tanah wakaf dalam hukum Islam tidak di perbolehkan apabila tidak ada izin Dari BKM (Nazhir Masjid) oleh karena itu Jika Seseorang Melakukan Hal tersebut seperti mengambil upah parkir di Masjid tanpa seizin pihak BKM dan tanpa memberikan sebagian keuntunganya kepada Pihak BKM maka kegiatan tersebut tidak di perbolehkan dalam prinsip syariah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Feb 2021 04:31
Last Modified: 13 Feb 2021 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10814

Actions (login required)

View Item View Item