Aborsi Akibat Korban Pemerkosaan Studi Komparatif Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Maiyusir, Maiyusir (2020) Aborsi Akibat Korban Pemerkosaan Studi Komparatif Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Maiyusir.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aborsi adalah pengguguran anak yang dilakukan sebelum waktunya secara alami mengakhiri masa kehamilan dari janin yang dikandungnya. Skripsi ini bertujuan mengetahui status hukum tindak pidana aborsi menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 4 Tahun 2005 tentang Aboris serta didukung oleh pemerintah dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi, dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Penelitian dalam kajian skripsi ini menggunakan jenis penelitian yuridis normatif (penelitian hukum normatif) yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan bahan pustaka atau data sekunder. Sesuai dengan kajiannya, maka penelitian ini menggunakan metode library reearch (kajian kepustkaan). Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah mengetahui pandangan hukum aborsi menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia. Pendapat Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 4 Tahun 2005 tentag Aborsi adalah Pendapat yang lebih relevan dalam kaitannya dengan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yakni sejalan dan searah dengan PP No. 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi dan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Bahwa aborsi akibat korban perkosaan di perkenankan karena dalam keadaan dharurat dan mengandung maslahat yang besar bagi korban perkosaan.yang dialaminya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat > 2X4.54 Perzinahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Feb 2021 04:24
Last Modified: 13 Feb 2021 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10813

Actions (login required)

View Item View Item