Pengaruh Bimbingan Konseling Format Klasikal Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pelaksanaan BK Di Kelas VIII MTsS Al-UMM Medan Marelan

Hakim, Rachman (2019) Pengaruh Bimbingan Konseling Format Klasikal Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pelaksanaan BK Di Kelas VIII MTsS Al-UMM Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAKIMfc.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan konseling format klasikal kelas VIII . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis One group Pretest-Posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek diambil secara random, 18 orang dengan kategori angket rendah, 6 orang dengan kategori sedang, dan 6 orang dengan kategori angket tinggi yang diperoleh dari hasil analisis angket. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket pemahaman siswa tentang pelaksanaan BK berjumlah 20 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 28 dengan α = 0,05 adapun J tabel = 137. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 455 > 137. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test pemahaman siswa tentang pelaksanaan BK diperoleh skor rata-rata 48,5 sedangkan data post-test perilaku agresi verbal diperoleh skor ratarata sebesar 90,2 yang berarti skor rata-rata siswa setelah mendapat bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa tentang pelaksanaan BK lebih tinggi daripada sebelum mendapat bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa tentang pelaksanaan BK.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Feb 2021 04:04
Last Modified: 13 Feb 2021 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10810

Actions (login required)

View Item View Item