Pendidikan Karakter dalam keluarga (Studi Kasus Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Al -Fithriah Medan)

Lubis, Putri Nurhayati (2020) Pendidikan Karakter dalam keluarga (Studi Kasus Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Al -Fithriah Medan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS PUTRI NURHAYATI LUBIS (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter dalam keluarga siswa Sekolah Dasar Al-Fithriah Medan dengan fokus penelitian (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan keluarga pada siswa Sekolah Dasar Al-Fithriah Medan (2) Metode penanaman nilai-nilai karakter keluarga pada siswa Sekolah Dasar Al-Fithriah Medan (3) Implikasi metode terhadap karakter anak yang dilakukan orang tua siswa Sekolah Al-Fithriah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability dan konfirmability. Informan penelitian yaitu orang tua, wali kelas, guru agama dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai - nilai karakter yang ditanamkan oleh orang tua siswa Sekolah Dasar Al-Fithriah Medan sudah termasuk dalam 18 nilai karakter bangsa yaitu: Religius, mandiri, tanggung jawab, peduli lingkungan, jujur, disiplin, peduli sesama, patuh atau hormat dan gemar membaca. (2) Metode penanaman karakter yang ditanamkan orang tua siswa Sekolah Dasar Al-Fithriah Medan yaitu keteladanan, pembiasaan, nasihat, hukuman. (3) Implikasi metode pada karakter anak tidak bisa hanya menerapkan pada satu metode, dibutuhkan metode lain sebagai pendukung.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Keluarga
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:41
Last Modified: 11 Feb 2021 07:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10805

Actions (login required)

View Item View Item