Penggunaan rantai markov orde dua untuk menganalisis dua Merek penjualan dan persainganair mineral dalam kemasan botol selama pandemic COVID-19 di Kota Medan

Giawa, Freddy (2020) Penggunaan rantai markov orde dua untuk menganalisis dua Merek penjualan dan persainganair mineral dalam kemasan botol selama pandemic COVID-19 di Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FREDDY GIAWA MM1 2016 (4).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masa pandemi COVID-19 mempengaruhi hasil penjualan air mineral dalam kemasan botol sebab banyak kantor bekerjadari rumah (work from home). Berdasarkan pangsa pasar AQUA menguasai 46,7% pangsa pasar seluruh Indonesia. Sedangkan Le Minerale sebagai salah satu pemain baru, tetap mengempit 3,5 persen pangsa pasar sehingga penelitian ini dilihat pada banyaknya konsumen, peneliti mengambil dua merek air mineral tersebut yaitu AQUA dan Le Minerale. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penjualan dan persaingan air mineral dalam kemasan botol selama masa pandemi COVID-19 yang terdapat mengalami penurunan tidak beraktivitas di luar rumah.penelitian ini dilakukan di lima kantor kota Medan yaitu PT Bank Sumut KC Medan Sukaramai, RSUD dr Pirngadi, Bank Mandiri, Kantor Lurah Bantan, PT Kharimantara Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan Metode Rantai Markov Orde Dua. Berdasarkan hasil Penelitian ini Besar peluang peralihan di masa mendatang orde dua yaitu produk AQUA pada September mengalami kenaikan 0,0061 % dan pada bulan berikutnya mengalami penurunan 0,0002 sedangkan produk mineral pada September mengalami penurunan adalah 0,0039 dan pada bulan berikutnya mengalami keadaan tetap. Besar peluang peralihan berdasarkan alasan pelanggan adalah produk AQUA persentasenya lebih besar dari produk Le Minerale yairu 59,8 sedangkan produk Le Minerale persentasenya sebesar 40,4. Pangsa pasar air mineral dalam kemasan botol akan mencapai kondisi stabil pada jangka waktu 3 bulan dimana pangsa pasar pada orde satu AQUA sebesar 63,0 dan Le Minerale sebesar 37,0 sedangkan pangsa pasar air mineral dalam kemasan botol orde dua mencapai stabil pada jangka waktu 3 bulan dimana pangsa pasar orde kedua adalah Produk AQUA adalah 61,0 sedangkan Le Minerale 39,0.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rantai Markov, Orde 2, Penjualan, AQUA, Le Minerale,
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:45
Last Modified: 11 Feb 2021 03:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10785

Actions (login required)

View Item View Item