Estimasi Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Provinsi Sumatera Utara Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Brown

Iryana, Kurnia Desi (2019) Estimasi Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Provinsi Sumatera Utara Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Brown. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
gabungan skripsi kurnia ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan sektor ekonomi yang penting di Indonesia, selain sebagai salah satu sumber penerima devisa, pariwisata juga sebagai pencipta lapangan kerja. Penelitian dengan judul “Estimasi Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Provinsi Sumatera Utara Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Brown”, memiliki rumusan masalah bagaimana mengestimasi dan berapa besar hasil estimasi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Provinsi Sumatera Utara menggunakan metode double exponential smoothing Brown. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode double exponential smoothing Brown dan untuk mengetahui hasil estimasinya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu mengambil data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang diperoleh dari BPS Provinsi Sumatera Utara. Data akan dianalisis dengan metode double exponential smoothing Brown. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan dimana hasil estimasi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Provinsi Sumatera Utara melalui Bandar Udara Kualanamu Internasional dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2021 menggunakan parameter   0,6 dengan metode double exponential smoothing Brown, dimana estimasi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Provinsi Sumatera Utara melalui Bandar Udara Kualanamu Internasional pada tahun 2020 sebesar  243.232 dan pada tahun 2021 sebesar  248.237.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:19
Last Modified: 09 Feb 2021 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10769

Actions (login required)

View Item View Item