Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Siswa Kelas XI MAN 1 Medan Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling

Nurhaliza, Swanty (2021) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Siswa Kelas XI MAN 1 Medan Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SWANTY NURHALIZA TERBARU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap stres akademik siswa kelas XI MAN 1 Medan dan Implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Efikasi diri merupakan keyakinan akan kemampuan diri dalam belajar. Konsep efikasi diri berhubungan dengan keyakinan bahwa setiap orang harus mengevaluasi kemampuan mereka untuk melakukan tugas yang diberikan dengan sukses. Ketika seorang siswa memiliki efikasi diri yang rendah maka mengalami kondisi stres akademik yang tinggi. Sebaliknya, ketika seorang siswa memiliki efikasi diri yang tinggi maka mengalami kondisi stres akademik yang rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Medan sejumlah 139 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data berupa skal efikasi diri dan skala stres akademik. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan product moment, sedangkan reliabilitas dengan menggunakan formula Alfa Croanbach dengan nilai koefisien 0,859 pada efikasi diri dan 0,938 pada stres akademik. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri siswa kelas XI MAN 1 Medan 71,2% berada dikategori sedang, 15,8% berada dikategori rendah, dan 12,9% berada dikategori tinggi. Pada tingkat stres akademik 69,1% berada dikategori sedang, 18,0% berada dikategori rendah, dan 12,9% berada dikategori tinggi. Hasil hipotesis penelitian adalah pengaruh efikasi diri terhadap stres akademik diperoleh nilai signifikansi 0,536 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel X efikasi diri tidak berpengaruh terhadap variabel Y stres akademik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.7 Kesejahteraan siswa/peserta didik
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:05
Last Modified: 09 Feb 2021 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10766

Actions (login required)

View Item View Item