Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Activity Based Costing System (Abc) Pada Pabrik Roti Barokah Bakery Tembung

Agnesia, Inge (2019) Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Activity Based Costing System (Abc) Pada Pabrik Roti Barokah Bakery Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan penentuan harga pokok produksi berdasarkan metode perhitungan akuntansi biaya tradisional dan metode perhitungan akuntansi activity based costing system (ABC) Pabrik Roti Barokah Bakery Tembung, serta untuk mengetahui perbedaan besarnya harga pokok produksi dengan menggunakan perhitungan akuntansi biaya tradisional dan activity based costing system (ABC) Pabrik Roti Barokah Bakery Tembung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif komparatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari Pabrik Roti Barokah Bakery Tembung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga pokok produksi dengan sistem akuntansi tradisional lebih besar daripada sistem activity based costing hal ini menyebabkan keuntungan dengan sistem activity based costing lebih besar dibandingkan dengan sistem akuntansi tradisional. Hal ini disebabkan karena pembebanan biaya overhead pabrik (BOP) yang tidak tepat serta perhitungan biaya overhead pabrik (BOP) tidak dihitung secara jelas berdasarkan atas pemicu biaya dan sumber daya yang dikonsumsi oleh produk roti-roti tersebut, yang akan berdampak pada pembebanan biaya produksi roti yang kurang tepat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Feb 2021 05:02
Last Modified: 08 Feb 2021 05:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item