Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Montessiru Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Husna Al-Fauzan Binjai Tahun Ajaran 2019/2020

Aprillia, Icut (2020) Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Montessiru Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Husna Al-Fauzan Binjai Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSII ICUT APRILLIA PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di RA Husna Al-Fauzan, Jl. Ikan senangin No 2A Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Pada Tanggal 04 sampai 16 Maret 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design dengan tipe Non Equivalent Control Group Desain. Populasi berjumlah 20 orang anak, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimana pelaksanaan pendekatan Montessori, Bagaimana perkembangan sosial emosional, dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pendekatan Montessori terhadap perkembangan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pelaksanaan pendekatan Montessori (2) perkembangan sosial emosional anak (3) Pengaruh yang signifikan antara penerapan pendekatan Montssori terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B di RA Husna Al-Fauzan T. A 2019/2020. Hasil penelitian rata-rata kelas eksperimen pre test 61,25 dan rata-rata post test 85,76, dengan nilai tertinggi post test 92,5 dan nilai terendah post test 80. Kelas kontrol dengan rata-rata pre test 55,5 dan rata-rata nilai post test 75,5, dengan nilai tertinggi 87,5dan terendah 70. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 18,697> 2,3060 dengan angka signifikan α= 0,05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolah dan Ha diterima sehingga dinyatakan ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan Montessori terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B di RA Husna Al-Fauzan T.A 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:11
Last Modified: 08 Feb 2021 03:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item View Item