Pembentukan Sikap Religius Di Kalangan Siswa SD Plus Darul Ilmi Murni Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara

Siregar, Fajariski Wahyudi (2019) Pembentukan Sikap Religius Di Kalangan Siswa SD Plus Darul Ilmi Murni Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAJARISKI pdf.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyakanya ditemukan kerusakan akhlak pelajar sebagai generasi penerus bangsa, padahal sejatinya pendidikan berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. SD Plus Darul Ilmi Murni merupakan sebuah lembaga sekolah yang memiliki program-program keagamaan sebagai wadah untuk membentuk sikap religius siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana lembaga sekolah dasar SD Plus Darul Ilmi Murni yang memiliki program-program keagamaan menjalankan perannya dalam membentuk sikap religius siswa.terkait dengan pelaksanaan nya, peran guru sebagai pendidik, serta problematika yang dihadapi dalam membentuk sikap religius siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tahapan mereduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah SD Plus Darul Ilmi Murni telah menjalankan perannya dengan sangat baik sebagai lembaga pendidikan dalam membentuk sikap religius siswa. Diantara program keagamaannya ialah pelaksanaan sholat dhuha secara berjamaah, pelaksanaan tahfidzh Al Qur’an, tahsin Al’Qur’an, sholat dzuhur berjamaah, serta sholat tahajud berjamaah. Serta terdapat peran guru sebagai pendidik dengan menjalankan fungsinya sebagai pembimbing, korektor, evaluator, motivator inspirator. Serta dengan menggunakan metode-metode yang mendukung menjadikan proses pembentukan sikap religius ini berjalan dengan maksimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Feb 2021 14:57
Last Modified: 03 Feb 2021 14:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10715

Actions (login required)

View Item View Item