Efektivitas Program Sumut Makmur Oleh Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Kecamatan Kota Pinang (Studi Kasus Bantuan Modal Bergulir Badan Amil Zakat Nasional Labuhanbatu Selatan)

Rahmadani, Afifah (2020) Efektivitas Program Sumut Makmur Oleh Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Kecamatan Kota Pinang (Studi Kasus Bantuan Modal Bergulir Badan Amil Zakat Nasional Labuhanbatu Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFIFAH RAHMADANI-NIM 0501162092.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program bantuan modal bergulir adalah pemberian pinjaman modal dari Badan Amil Zakat Nasional Labuhanbatu Selatan dalam mengurangi pinjaman modal yang meminjam dana dari rentenir, bank, serta koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) mengenai program bantuan modal bergulir di Badan Amil Zakat Nasional Labuhanbatu Selatan. (2) Peran program bantuan modal bergulir Badan Amil Zakat Nasional Labuhanbatu Selatan dalam memberdayakan ekonomi umat di Kecamatan Kota Pinang. (3) Efektivitas program bantuan modal bergulir Badan Amil Zakat Nasional Labuhanbatu Selatan dalam memberdayakan ekonomi umat di Kecamatan Kota Pinang. Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan skala likert serta teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) program bantuan modal bergulir yang ada di BAZNAS Labuhanbatu Selatan ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi umat sehingga pedagang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya agar lebih berdaya. (2) Peran program bantuan modal bergulir untuk meningkatkan kemandirian dalam berwirausaha, memotivasi penerimanya memperkokoh tali silatuhrahmi sesama jamaah mesjid serta untuk meningkatkan taraf hidup perekonomian keluarga. (3) Program bantuan modal bergulir BAZNAS Labuhanbatu Selatan sudah terlaksana secara efektif dalam memberdayakan ekonomi umat di Kecamatan Kota Pinang dengan nilai skala rata-rata distribusi untuk efektivitas program bantuan modal bergulir adalah 2,63.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Feb 2021 16:11
Last Modified: 02 Feb 2021 16:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10711

Actions (login required)

View Item View Item