Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran Virtual Account Pada Pembayaran Premi

Adha, Wildan (2020) Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran Virtual Account Pada Pembayaran Premi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI_WILDAN_ADHA_0505163068_ASURANSI_SYARIAH New-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kuesioner. Subyek penelitian mengunakan sampel sebanyak 84 responden, teknik pengambilan sampelnya dengan Simple Random Sampling (pengambilan sampel secara acak). Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada nasabah PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Medan. Pengolahan datanya mengunakan SPSS Release 20.0 For Windows. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel persepsi teknologi informasi (X1), variable kemudahan (X2), variable fitur layanan (X3 )dan variabel minat nasabah menggunakan sistem pembayaran virtual account (Y) dinyatakan valid dan reliabel, dengan pengolahan data model regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 756 + 0,233X1 + 0,2247X2 + 0, 461X3 + e. Sehingga diperoleh dari uji simultan (uji-f) bahwa variabel bebas yang terdiri dari persepsi teknologi informasi, kemudahan dan fitur layanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu minat nasabah menggunakan sistem pembayaran virtual account. Namun hasil uji koefisien determinasi (R²) menjelaskan bahwa persepsi teknologi informasi, kemudahan dan fitur layanan secara simultan dalam menerangkan variabel minat nasabah sebesar 62, 0% sedangkan sisanya 38% dipengaruhi oleh variable-variabel lain. Berdasarkan hasil hipotesis uji parsial (uji-t) dapat diketahui bahwa variabel persepsi teknologi informasi berpengaruh positif dan berpengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah, variabel kemudahan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah. Sedangkan variable fitur layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:31
Last Modified: 02 Feb 2021 03:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item