Perilaku Penelusuran Informasi Dalam Menggunakan Internet Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dan Agrobisnis Perkebunan

Lestari, Irma Devi (2019) Perilaku Penelusuran Informasi Dalam Menggunakan Internet Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dan Agrobisnis Perkebunan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai “Perilaku Penelusuran Informasi Dalam Menggunakan Internet di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dan Agrobisnis Perkebunan”. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah perilaku penelusuran informasi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dan Agrobisnis Perkebunan dalam menggunakan internet dan faktor yang menjadi hambatan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dan Agrobisnis Perkebunan dalam proses penelusuran informasi dalam menggunakan internet. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan dengan cara menggambarkan informasi yang didapat dari lapangan seperti apa adanya kemudian dituangkan ke dalam analisis data penelitian. Informasi yang didapat oleh peneliti dalam penelitian ini melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ialah berjumlah delapan orang dari jurusan yang berbeda-beda yang telah memenuhi kriteria subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku penelusuran informasi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dan Agrobisnis Perkebunan dalam menggunakan internet dilakukan karena adanya kebutuhan mahasiswa terhadap informasi untuk membantu dalam menyelesaikan tugas akhir. Penelusuran melalui internet dilakukan karena kurangnya informasi yang pengguna inginkan di koleksi perpustakaan. Karena sulitnya mendapatkan informasi yang di inginkan, pengguna memilih untuk menelusur informasi di internet. kemudian dari delapan tahap-tahap model ellis yang dimulai starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verifying, dan ending hanya monitoring, extracting dan ending yang terlewatkan dan tidak digunakan oleh pengguna. Hal ini disebabkan oleh pengguna tidak mengerti tahapan yang dikemukakan Ellis, alasan lain karena pengguna menganggap informasi yang pengguna dapatkan sudah memenuhi kebutuhan informasinya. Kemudian faktor yang menjadi hambatan mahasiswa ketika menelusur informasi di internet adalah kurangnya koneksi jaringan yang disediakan oleh perpustakaan dan banyaknya konten-konten sampah yang muncul di tampilan menu ketika menelusur di internet, faktor lain yaitu file kosong ketika mendapatkan judul yang sudah sesuai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:45
Last Modified: 02 Feb 2021 02:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10692

Actions (login required)

View Item View Item