Model Pengembangan Kecerdasan Spiritual dalam Pembelajaran Di Pesantren Modern Indonesia

Arlina, Arlina and Santoso, Didik (2019) Model Pengembangan Kecerdasan Spiritual dalam Pembelajaran Di Pesantren Modern Indonesia. UINSU Medan.

[img] Text
1. LAPORAN PENELITIAN UNT PUSTAKA OK-dikonversi.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan kecerdasan spiritual yang dilaksanakan oleh guru SLTA dalam pembelajaran tentang akhlak di pesantren modern Raudhatul Hasanah Medan, Pesantren Terpadu Prof Dr. Hamka Padang, Pesantren Darunnajah Jakarta, dan Pesantren Terpadu Al-Kamal Blitar. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan, wawancara, dokumen, dan focused group discussion. Sumber datanya berasal dari guru mata pelajaran tentang akhlak dari empat pesantren tersebut sebagai informan kunci. Sedangkan informan pendukungnya adalah santri, kepala bidang pendidikan, kepala sekolah, kepala pengasuhan, dan kepala bidang usaha milik pesantren. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dokumen, dan focused group discussion. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Miles, Huberman, Saldana (2014) dengan mengikuti tiga langkah yakni data condensation, data display, dan verification. Untuk membangun keterpercayaan data digunakan teknik vii triangulasi sumber, metode, dan peneliti. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan spiritual dikembangkan melalui persiapan pembelajaran, pembelajaran di kelas, dan pembelajaran di luar kelas, (2) Adanya persamaan dalam hal persiapan mengajar, pembelajaran di kelas, koneksitas pembelajaran di kelas dengan di luar kelas, dan perancangan sistematik antara pembelajaran di dalam dan di luar kelas, (3) Adanya perbedaan, dan (4) Alasan terjadinya persamaan dan perbedaan.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:18
Last Modified: 01 Feb 2021 07:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item View Item