Kerjasama Guru Dan Orangtua Dalam Mendisiplinkan Ibadah Wajib Siswa Di MTs PAB 2 Sampali Medan

Nasution, Yusri Purnama Anju (2019) Kerjasama Guru Dan Orangtua Dalam Mendisiplinkan Ibadah Wajib Siswa Di MTs PAB 2 Sampali Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
FILE BURNING YUSRI PURNAMA ANJU NST.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk kerjasama guru dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah wajib di MTs PAB 2 Sampali Medan,(2) Hambatan atau kendalakerjasama guru dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah wajib di MTs PAB 2 Sampali Medan, (3) Solusikerjasama guru dan orangtua dalam mendisiplinkan ibadah wajib di MTs PAB 2 Sampali Medan. Penggunaan metode penelitian yang dilihat dari jenis penelitiannya yakni menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mendapatkan data-data yang tertulis maupun yang lisan dari objek-objek yang diamati sehingga penelitian yang dijalankan bersifat natural atau tanpa rekayasa karena menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs PAB 2 Sampali Medan menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kerjasama yang dilakukan guru dengan orangtua dapat melalui komite madrasah dan juga alat bantu berupabuku mutaba’ah, buku benghubung dan akun grup sosmed. (2) Hambatan yang dihadapi oleh guru dan orangtua yaitu orangtua tidak dapat menghadiri pertemuan oleh guru di sekolah, siswa sering lupa membawa buku mutaba’ah, orangtua sering lupa mengisi buku mutaba’ah sehingga anak sering mengisi buku mutaba’ahnya sendiri. (3) Solusi untuk mempermudah kerjasama antara guru dengan orangtua dengan cara komunikasi berkelanjutan dan sering diadakannya pertemuan untuk menunjang keberhasilan dari suatu kegiatan yang telah disusun dan direncanakan secara sistematis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:21
Last Modified: 01 Feb 2021 03:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item