Analisis Strategi Pemasaran Produk Cash Waqf Linked Sukuk Pada PT. Bank Muamalat Tbk Kantor Cabang Medan Balaikota

Purba, Mutiara Adeliyah (2020) Analisis Strategi Pemasaran Produk Cash Waqf Linked Sukuk Pada PT. Bank Muamalat Tbk Kantor Cabang Medan Balaikota. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF MUTIARA ADELIYAH PRB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Produk Cash waqf linked sukuk dan menganalisis Strategi Pemasaran pada produk Cash Waqf Linked Sukuk yang paling tepat sehingga mampu memenangi persaingan. Inovasi dan kreasi yang diimplementasikan BWI terhadap produk wakaf sehingga menghasilkan produk CWLS yang pemasarannya melibatkan Bank Muamalat Indonesia dan BNI Syariah. Produk Cash Waqf Linked sukuk merupakan sarana investasi sosial yang disalurkan untuk pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana mauquf alayh. Menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS dapat diidentifikasikan faktor-faktor penting baik dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari produk Cash waqf linked sukuk. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini selain akan dianalisis secara kualitatif deskriptif penulis juga menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakn oleh Bank Muamalat dalam pemasaran produk CWLS berada pada Kuadran I yaitu growth oriented strategy (Strategi Pertumbuhan). Strategi ini menandakan keadaan perusahaan yang kuat dan mampu untuk terus berkembang dengan mengambil kesempatan atau peluang yang ada untuk meraih omzet yang maksimal. Strategi ini dipilih karena hasil perhitungan berada pada kuadran l (satu) dimana total weighted score kekuatan-kelemahan sebesar 3,023273 sedangkan total weighted score peluang-ancaman sebesar 2,653142. Posisi pada kuadran ini sangat menguntungkan dan dapat dipasarkan secara maksimal dengan menerapkan kebijakan bauran pemasaran seperti kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan tempat dan kebijakan promosi yang mendukung pertumbuhan yang agresif dari produk Cash waqf linked sukuk.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Produk Cash Waqf Linked Sukuk
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:58
Last Modified: 28 Jan 2021 04:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10657

Actions (login required)

View Item View Item