Nasution, Toni (2017) Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (2). ISSN 2541-660X
|
Text
Jurnal Ijtimaiyah Toni.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
Sertifikat HaKI Toni (Artikel).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Nasional Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai persoalan. Capaian hasil pendidikan masih belum memenuhi hasil yang diharapkan. Pembelajaran di sekolah belum mampu membentuk secara utuh pribadi lulusan yang mencerminkan karakter dan budaya bangsa. Proses pendidikan masih menitik beratkan dan memfokuskan capaiannya secara kognitif. Sementara, aspek afektif pada diri peserta didik yang merupakan bekal kuat untuk hidup di masyarakat belum dikembangkan secara optimal. Karena itu, pendidikan karakter dan budaya bangsa merupakan seatu keniscayaan untuk dikembangkan di sekolah. Sekolah sebagai pusat perubahan perlu mengupayakan secara sungguh-sungguh pendidikan yang berbasis karakter dan budaya bangsa. Karakter dan budaya bangsa yang dikembangkan di sekolah harus diselaraskan dengan karakter dan budaya lokal, regional, dan nasional. Untuk itu, pendidikan karakter dan budaya bangsa perlu dikembangkan berdasarkan kemandirian siswa. Adapun hubungan pendidikan karakter dengan pendidikan bahwa pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara kebaikan, mewujudkan dan menebar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Dalam hal ini topik dalam pembahasan ini diharapkan mampu menjadi wacana aplikatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 303 Social processes |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 14:36 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 07:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10637 |
Actions (login required)
View Item |