Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying Siswa MTs Al-Washliyah Desa Kolam

Rangkuti, Aida Andriyani (2020) Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying Siswa MTs Al-Washliyah Desa Kolam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AIDA FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri pada korban bullying siswa melalui teknik kursi kosong di MTs Al-Washliyah Desa Kolam. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang dari siswa kelas IX-C yang memperoleh skor rendah dari hasil instrument yang diberikan. Perolehan data penelitian dilakukan dengan cara menggunakan observasi, studi dokumentasi dan instrument yang berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deksriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi dan instrument yang berupa angket, yaitu menjelaskan tentang kepercayaan diri pada korban bullying siswa di sekolah. Indikator-indikator kepercayaan diri adalah kemampuan bersosialisasi yang baik, bersikap positif dalam menggapai cita-cita, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, mampu berlaku tegas pada diri sendiri dan mempunyai cara pandang yang positif terhadap kemampuannya sendiri. Berdasarkan hasil analisis data siswa pada angket awal yang diberikan, ditemukan 9 siswa dari 31 siswa kelas IX-C yang memperoleh skor rendah. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan 5 orang siswa, namun 4 siswa tidak terjadi peningkatan kepercayaan diri, sehingga pada siklus I belum mencapai target 75% dan hanya mencapai 55,5% dengan nilai ratarata 81,1. Kemudian pada siklus II berdasarkan hasil penilaian observasi dan penyebaran instrument dan diketahui bahwa terjadi peningkatan kepercayaan diri pada 8 orang siswa dan 1 siswa tidak terjadi peningkatan, sehingga pada siklus II sudah mencapai target 75% yaitu 88,8% dengan nilai rata-rata 87,5.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.7 Kesejahteraan siswa/peserta didik
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jan 2021 14:16
Last Modified: 27 Jan 2021 14:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item