Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Karo

Ermawati, Eny (2020) Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Karo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
null.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan dalam membangun karakter peserta didik MAN Karo dengan perincian untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan, metode yang digunakan dalam membangun karakter, tujuan, serta nilai-nilai karakter yang dibangun melalui kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan keagamaan di MAN Karo belum berjalan dengan secara maksimal namun terlaksana secara konsisten serta memberikan dampak yang positif pada pembangunan karakter peserta didik. Cara implementasi kegiatan keagamaan dalam membangun karakter peserta didik adalah dengan cara mengkondisikan lingkungan dengan kebiasaan-kebiasan yang baik, memberi teladan, memberi nasihat serta pengawasan setiap pelaksanaan kegiatan tersebut. Adapun Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di MAN Karo diantaranya kegiatan yang sifatnya rutin seperti doa bersama pada setiap kegiatan, membaca Alquran dan tahfidzul qur’an, shalat dhuha dan zuhur berjama’ah, tahtim tahlil, pidato. Adapun kegiatan yang keagamaan yang dilaksanakan setiap setahun sekali adalah kegiatan PHBI seperti Maulid Nabi, Isra’ mi’raj, 1 Muharram dan Pesantren kilat. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui kegitan-kegiatan keagamaan tersebut ialah nilai religius, disiplin, tanggug jawab, jujur, gemar membaca, peduli sosial, kerja keras, komunikatif, toleransi, dan menghargai prestasi. Hambatan dalam mengimplementasikan Kegiatan keagamaan diantaranya: kurangnya kedisiplinan peserta didik, kurangnya motivasi peserta didik, kurangnya permerataan pengawasan dan keteladaanan dari guru. Hambatan-hambatan ini dapat dikurangi dengan cara mengabsensi setiap kegiatan keagamaan, memberikan reward maupun punishment, memberikan pembinaan atau evaluasi bagi para guru.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Jan 2021 14:47
Last Modified: 26 Jan 2021 14:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10622

Actions (login required)

View Item View Item