Strategi Dakwah Jamaah Tablig Dalam Meningkatkan Salat Berjamaah Di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan

Harahap, Fahmi Amin (2019) Strategi Dakwah Jamaah Tablig Dalam Meningkatkan Salat Berjamaah Di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
skripsi fahmi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa strategi dakwah Jamaah Tablig dalam meningkatkan salat berjamaah di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan sangat penting, yakni menyadarkan kepada setiap orang agar rajin melaksanakan salat berjamaah ke masjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah Jamaah Tabligh dalam meningkatkan salat berjamaah di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan, taktik dan materi dakwah Jamaah Tabligh di Kelurahan Paya Pasir. Lokasi penelitian ini adalah dilakukan pusat kegiatan Jamaah Tablig yang bermarkas di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan. Subjek dari penelitian ini adalah Pemimpin Jamaah Tablig, pengurus Jamaah Tabligh, dan beberapa anggota Jamaah Tablig yang aktif dalam kegiatan dakwah di Kelurahan Paya Pasir. Objek dari penelitian ini adalah strategi dakwah Jamaah Tabligh, takti dan materi dakwah Jamaah Tablig di kelurahan paya pasir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumenter. Pengolahan data dilakukan dengan teknik editing dan klasifikasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis secara kualitatif tentang strategi dakwah Jamaah Tablig dalam meningkatkan salat berjamaah di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan, taktik dan materi dakwah Jamaah Tablig. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah Jamaah Tablig adalah: (a) mengirim rombongan dakwah selama 3 hari, 40 hari, bahkan 4 bulan, (b) menjadikan Masjid atau Langgar sebagai pusat dakwah, (c) silaturrahmi kepada tokoh-tokoh, seperti tokoh ulama, imam masjid, dan pejabat. Strategi dakwah Jamaah Tablig di Kelurahan Paya Pasir adalah: (a) Silaturahim, yaitu mendekati masyarakat biar kenal dengan Jamaah Tablig, (b) Penanaman Akidah, (c) Menceritakan fadhilah salat. Sedangkan materi dakwah Jamaah Tablig adalah: (a) materi – materi meningkatkan salat berjamaah, seperti yakin pada kalimat Thayibah: laa ilaha illa Allah Muhammmadur Rasulullah, Shalat Khusyu wal Khudhu (shalat dengan konsentrasi batin dan rendah diri), Ilmu ma’a dzikir (ilmu disertai dzikir), ikramul muslimin (memuliakan setiap orang muslim), tashihun niyat (memperbaiki niat), dakwah wat tabligh (mengajak dan menyampaikan). (b) materi sunnah Nabi muhammad SAW, (c) materi keutamaan menjalankan perintah dan meninggalkan larangan Allah SWT.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:16
Last Modified: 25 Jan 2021 02:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10599

Actions (login required)

View Item View Item