Implementasi Layanan Penguasaan Konten Dalam Kegiatan Bimbingan Dan Konseling Islami Untuk Peningkatan Self Efficacy Siswa Kelas I MAN I Medan

Ferizal, Ferizal (2020) Implementasi Layanan Penguasaan Konten Dalam Kegiatan Bimbingan Dan Konseling Islami Untuk Peningkatan Self Efficacy Siswa Kelas I MAN I Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS FERIZAL (3003173116).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program bimbingan dan konseling, implementasi layanan penguasaan konten dalam pembinaan self efficacy siswa, peran implementasi layanan penguasaan konten dalam peningkatan self efficacy siswa, dan hambatan dan upaya mengatasi implementasi layanan penguasaan konten dalam peningkatan self efficacy siswa kelas I MAN 1 Medan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi yaitu mengungkap permasalahan-permasalahan yang terjadi sehingga menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik permasalahan yang terjadi. Pelaksanaan penelitian kualitatif fenomenologi ini bertujuan untuk memahami dan memaknai berbagai masalah yang ada. Hasil penelitian ini adalah (1) program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di MAN 1 Medan yaitu program bimbingan dan konseling yang benar-benar sesuai dengan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling secara umum. Perencanaan program bimbingan dan konseling terdiri dari program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan harian. Perencanaan program layanan bimbingan dan konseling ini dengan tujuan lebih memenuhi pada target atau sasaran pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (2) Pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam pembinaan self efficacy siswa kelas I MAN 1 Medan yaitu dengan bimbingan kelompok dan individu atau perorangan. Pelaksanaan layanan penguasaan konten disesaikan dengan tahapan pelaksanaan teruatama berkaitan dengan upaya menumbuhkan kepercayaan diri dan semangat siswa dalam aktivitas belajarnya (3) Layanan penguasaan konten berperan dalam meningkatkan self efficacy siswa yaitu siswa mampu memahami diri dan mengendalikan diri dalam aktivitas belajarnya. Siswa lebih mampu dalam mengembangkan kepercayaan diri dalam belajar baik secara individu maupun secara kelompok dalam kegiatan belajar (4) Hambatan dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam pembinaan self efficacy siswa di MAN 1 Medan yaitu masih kurang optimalnya pelaksanaan layanan yang diberikan kepada siswa, masih terbatasnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan layanan, dan kurangnya pengawasan terhadap aktivitas belajar siswa. Upaya mengatasi hambatan pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam pembinaan self efficacy siswa di MAN 1 Medan yaitu meningkatkan pelaksanaan layanan, mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana, dan mengefektifkan pengawasan aktivitas belajar siswa di madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jan 2021 03:55
Last Modified: 23 Jan 2021 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10573

Actions (login required)

View Item View Item