Ramadani, Fitri (2020) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Make A Match Di MTS PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI FITRI RAMADANI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Model Pembelajaran Make A Match di kelas VIII MTs PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan cara simple random sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah siswa adalah dengan mengunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran Make A Match pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) dengan nilai Fhitung = 3,383 > Ftabel taraf α(0,05)= 4,007; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran Make A Match pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) dengan nilai Fhitung = 4,347 > Ftabel taraf α(0,05)= 4,007; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran Make A Match pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) dengan nilai Fhitung= 7,655 > Ftabel taraf α(0,05) = 3,923; 4) Terdapat interaksi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) dengan Fhitung= 11,537 < Ftabel taraf α(0,05) = 3,923.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 05:57 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 05:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10571 |
Actions (login required)
View Item |