Peran Usaha Kecil Menengah Sapu Lidi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat

Pratiwi, Wilda (2020) Peran Usaha Kecil Menengah Sapu Lidi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI WILDA PRATIWI (PMI) peran UKM sapu lid.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana peran Usaha Kecil Menengah (UKM) Sapu Lidi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat yang bekerja di UKM sapu lidi, dan apa hambatan yang dialami oleh UKM sapu lidi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatdi Desa Suka Jadi.Penelitian ini dilaksanakan pada UKM sapu lidi di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Temuan hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) UKM sapu lidi dalam perkembangannya mampu memperkerjakan 30 orang pekerja dalam sehari dengan hasil produksi sapu lidi diekspor ke beberapa negara. Keberadaaan UKM sapu lidi sangatlah beperan penting dalam menciptakan lapangan kerja dan menambah pendapatan masyarakat Desa Suka Jadi yang bekerja di UKM sapu lidi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. (2) Masyarakat yang bekerja di UKM sapu lidi turut mengalami peningkatan kesejahteraan, hal ini bisa dilihat dari bertambahnya pendapatan, kondisi perumahan, pendidikan dan kesehatan para pekerja yang mengalami peningkatan dan terpenuhi. (3) Hambatan yang dialami UKM sapu lidi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Suka Jadi diantaranya: cuaca yang tidak menentu, tingkat persaingan yang tinggi, keterbatasan bahan baku, serta menurunnya pesanan di masa pandemi COVID-19.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:48
Last Modified: 22 Jan 2021 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item