Pengaruh Strategi 7P Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung

Nurhati, Desrinda Dwi (2020) Pengaruh Strategi 7P Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESRINDA DWI NURHATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Marketing mix berperan untuk membentuk, mengembangkan dan mengarahkan pertukaran yang saling menguntungkan dalam jangka panjang antara produsen dan konsumen. Namun dalam praktiknya penerapan Marketing mix yang dijalankan oleh BPRS Puduarta Insani Tembung masih mengalami sebuah permasalahan yang dirasakan oleh nasabah seperti nasabah yang menunggu lama terhadap pelayanan yang di berikan oleh pegawai BPRS Puduarta Insani Tembung dalam pendataan/administrasi pembiyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi 7P Marketing mix terhadap keputusan nasabah melakukan pembiayaan pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala linkert dan sampel sebanyak 88 responden nasabah BPRS Puduarta Insani Tembung tahun 2016 hingga 2020, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multi kolinearitas. Pada uji hipotesis Promosi (Promotion) dengan nilai t hitung sebesar 1,105, Harga (Price) dengan nilai t hitung sebesar 0,645, Orang (People) dengan nilai t hitung sebesar -1,066 dan Lokasi (Place) dengan nilai t hitung sebesar -1,675 dengan ini keempatnya memiliki hasil tidak berpengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Kemudian pada uji hipotesis Produk (Product) dengan nilai t hitung sebesar 3,480, Proses (Process) dengan nilai t hitung sebesar 2,349 dan, Bukti fisik (Physical evidence) dengan nilai t hitung sebesar 2,4,13 dengan hasil tersebut ketiganya mamiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dengan demikian penelitian tersebut dapat dinyatakan 57,4% nasabah puas terhadap strategi 7P Marketing mix yang dijalankan oleh BPRS Puduarta Insani Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jan 2021 12:43
Last Modified: 21 Jan 2021 12:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10566

Actions (login required)

View Item View Item