Analisis Efektivitas Penerapan Akad Murabahah Bil Wakalah Pada Produk Kepemilikan Rumah Di PT. Bank Aceh Syariah KC Subulussalam

Hasibuan, Dinda Rizki Saputri (2020) Analisis Efektivitas Penerapan Akad Murabahah Bil Wakalah Pada Produk Kepemilikan Rumah Di PT. Bank Aceh Syariah KC Subulussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 2 DINDAA(1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan primer papan yang berupa rumah telah ,menjadi kebutuhan dengan proporsi utama. Masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal akan melakukan jual beli untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Oleh karena itu Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam menawarkan produk pembiayaan kepemilikan rumah untuk memudahkan nasabah nya dalam memenuhi kebutuhan akan huniannya berupa rumah. Pembiayaan kepemilikan rumah ini menggunakan prinsip jual beli (murabahah) dengan akad murabahah bil wakalah. Namun di Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam pembiayaan murabahah dari tahun 2016 sampai 2019 mengalami fluktuasi dan penurunan terbesar terjadi pada tahun 2017 ke 2018. Pada tahun 2016 ke 2017 mengalami penurunan jumlah pembiayaan yaitu sebesar 3M. Pada tahun 2018 mengalami penurunan yang signifikan yaitu sebesar 8M., tetapi pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 15M. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui implementasi akad murabahah bil wakalah pada produk kepemilikan rumah di Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam dan 2) untuk mengetahui efektivitas akad murabahah bil wakalah pada produk kepemilikan rumah di Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang meliputi penguraian, penafsiran, dan analisis. Sumber data diperoleh dari data primer (secara langsung) adalah hasil wawancara. Kemudian memperoleh dari data sekunder (tidak langsung) yaitu literatur lainnya yang relevan dengan permasalan yang dikaji. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi akad murabahah bil wakalah pada produk kepemilikan rumah di Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam dilakukan dengan akad murabahah yang disertai dengan akad wakalah kepada nasabah untuk membeli barang. Adapun pembiayaan tersebut bertujuan untuk membantu nasabah dalam penyediaan rumah. 2) Efektivitas penerapan akad murabahah bil wakalah pada produk kepemilikan rumah di Bank Aceh Syariah Cabang Subulussalam ini mencapai 80% dan dikategorikan efektif walaupun di beberapa tahun 2016 sampai 2019 mengalami fluktuasi. Peningkatan pendapat ini dipengaruhi oleh jumlah nasabah dan besar pembiayaan yangdiajukan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akad, murabahah, wakalah, kepemilikan rumah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.23 Perjanjian
2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.23 Perjanjian > 2X4.233 Perumahan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jan 2021 05:05
Last Modified: 21 Jan 2021 05:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10558

Actions (login required)

View Item View Item